Home Top Ad

Responsive Ads Here

10 Os Linux Yang Ringan Untuk Dijalankan Di Pc

Share:

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hallo selamat pagi gan. Maaf gan aku ga sanggup bikin intro yang menarik untuk dibaca. Saya orang juga ga suka basa basi. Udah basa bau pas mau nembah eh malah di anggap temen kan sakit gan. Langsung ae lah. Kali ini aku akan menulis perihal OS yang ringan di jalankan di pc anda.

Oh ya sebelum lanjut ke yang lebih jauh aku akan menjelaskan sedikit perihal apa itu OS ( Operating System ).

Apa itu Operating System?

Operating System (OS) adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak, serta sebagai jurik (daemon) untuk jadwal komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak sanggup menjalankan jadwal aplikasi pada komputer mereka, kecuali program bootingSumber : wikipedia

Ok pribadi ke topik ya gan. Btw ini berdasarkan pendapat aku ya gan. Jika ada pendapat lain mohon bicarakan dengan baik. Ok berikut ini OS Linux yang paling ringan berdasarkan saya.

1. Backbox

Backbox yaitu project sistem operasi yang open source. Tampilan backbox sangat mudah dan sederhana. Hal ini memperlihatkan bahwa OS ini ringan untuk di jalankan. Kalian sanggup mencari OS ini dilaman resmi backbox.

2. Arch Linux

Arch Linux yaitu distro linux yang di desain lebih ringan dan menawan. Arch Linux di distribusikan untuk komputer x86_64. Arch linux jarang dikenal oleh masyarakat. Karena masyarakat sering install kali linux dari pada arch linux. Padahal distro linux sangat banyak. Ok lah pribadi saja bila kalian ingin mendownload OS nya kalian sanggup mencarinya di website resmi arch linux.

3. Linux Mint

Linux Mint yaitu distro linux yang berbasis Debian-Ubuntu. Linux mint dirancang dengan kualitas elegan, modern, dan nyaman dipakai. Linux mint terdiri dari 3 edisi. Yaitu edisi Cinnamon, Mate, dan Xfce. ISO nya kalian sanggup download lewat website linuxmint.

4. Lubuntu

Lubuntu yaitu distro linux yang merupakan turunan dari ubuntu. Distro ini di desian lebih ringan dari Induknya. Perangkat ini memakai lingkungan LXDE/LXQT. Sebenarnya masih ada saudara lubuntu yang juga ringan di jalankan. Di website resminya sudah sanggup mendownload ISO filenya.

5. Xubuntu

Xubuntu yaitu distro linux yang sama-sama dari ubuntu. Namun perangkat ini berbeda dari saudaranya yaitu lubuntu. Kalau saudaranya kan pake LXDE/LXQT nah kalo ini pake Xfce. Jika ingin mencoba kalian sanggup cek dilaman resmi xubuntu.

6. Manjaro Linux

Manjaro Linux atau biasa disebut manjaro yaitu distro linux yang menyerupai dengan arch linux. Manjaro mempunyai 4 tipe yaitu xfce, kde, gnome, dan architect. OS ini sangat responsive dan sangat modern berdasarkan aku jadi tunggu apalagi install aj OS ini.

7. Linux Lite

Linux lite yaitu distro linux yang oleh tim yang dipimpin oleh Jerry Bezencon. Distro ini sangat ringan dan sederhana. Linux lite memakai desktop xfce. Kalo Linux Lite aku juga gres mendengarnya mungkin kalian juga sama kaya saya. Makara aku belum sanggup mereview distro ini.

8. NuTyX

NuTyX yaitu distro linux yang jarang di kenal di masyarakat. NuTyX terdiri dari LQXT, MATE, LXDE, KDE5, dan XFCE, Saya belum pernah mendengar nama NuTyX jadi aku memperlihatkan sedikit klarifikasi lewat pengertian dari internet.

9. Bodhi Linux

Bodhi Linux yaitu distro linux yang dibentuk berdasarkan Ubuntu. Bodhi dibentuk semaksimal mungkin untuk menciptakan penggunanya nyaman. Nah kalo ini logonya daun. Mungkin beliau mau buat linux yang sangat menawan menyerupai keindahan alamn

10. Puppy Linux

Puppy Linux yaitu distro linux yang memakai Live CD jadi ukurannya sangat kecil. Puppy linux dirancang dengan mudah semoga gampang digunakan oleh pengguna. Nah kalo ini logonya bajing ya gan. Ntah ini filosofi nya gimana aku ngga tau. Makara aku hanya sanggup menjelaskan itu saja.

Nah itu tadi macam-macam OS linux yang ringan di jalankan di PC anda. Makara kalo PC anda kentang kalian sanggup mencoba salah satu dari OS yang diatas. Semoga artikel ini membantu kalian. Sekian terima kasih telah berkunjung.

No comments